Jualan di Carousell

Semakin hari liat kamar gue… semakin stress!

Kok makin hari barang gue makin banyak?

Baju-baju gue bahkan sampe udah gak muat di lemari!

Sepatu? Bahkan gue sampe di tahap… Yaudalah ya… gue kan gak mau jual-jual sepatu gue, jadi lah setiap gue beli sepatu, udah otomatis langsung gue buang boxnya, kecuali kalau tuh sepatu emang special edition. Tapi, tetep udah gak muat di rak karena emang lebih dari 10 pasang! 😭

Tahun lalu bahkan gue beli Instant Camera dengan niat mau lebih rajin bikin konten, yang ujung-ujungnya tetep aja tuh gue pake handphone doang, baik itu buat foto/video.

Kalo dulu, stress banget ngebet beli barang gak kesampean karena belom punya penghasilan sendiri or gak ada budgetnya, sekarang… juga MASIH STRESS! Cuma beda cerita aja… stressnya karena kamar gue kepenuhan!

Ngapain sih gue beli barang-barang ini?

Makin dipikirin, makin stress.

Akhirnya memutuskan, okay… tahun ini mau coba jual-jualin deh barang gue di carousell. Gue pribadi sebelumnya sudah pernah berjualan di Carousell dan kesimpulan gue cuma 1 yaitu orang-orang di Carousell sadis-sadis banget kalo nawar. Bahkan kadang creepy… maunya COD padahal gue udah tulis jelas-jelas gak nerima COD, biar aman gue akan sediakan pake Tokopedia aja. Kalo ada yang nyangka mau COD karena itu barang elektronik, bener-bener tetot! Cuma buat baju seharga seratus ribuan.

Mau marah gak lo?

Mau jambak gak lo?

Bahkan pernah gue saking emosinya dia insist maunya COD, gue bales “Nama toko saya aja di sini nama asli, ngapain nipu? Buat seratus ribu doang lagi?!?!?”

Maafin aku YaTuhan Ya Yesus, gak maksud sombong tapi kenapa ya warga demennya memancing amarah. Emang sumbu pendek aja sih, hahahahaha.

Selain mesti mental baja jualan di Carousell, gue pribadi mesti mengumpulkan niat untuk foto-fotoin barangnya dari segala angle. So far… gue prioritasin barang-barang yang emang udah gak kepake samsek sama gue entah itu electronic or fashion yang emang harganya kalo gak dijual sekarang, makin lama makin turun.

Dari beberapa barang yang udah gue posting, udah laku TIGA BIJI. Alhamdulilah aja dulu yaaaa kan. Hahahaha.

Ini camera DJI bener-bener mulus karena se-jarang itu gue pake, mulus luar dalem lah bahkan foto yang gue tampilkan bukan cuma dari body doang, even gue fotoin pas tuh camera nyala gimana. Terlihat semua masih normal, gak ada lah itu kasus kaya jamur dkk yang biasa terjadi di camera yang udah lama gak kepake, ya karena gue juga selalu pakein case box. Mulai dari kardus, magnetic lanyard, mount masih lengkap kap… AND YOU KNOW WHAT? Gue pun menjual camera ini dengan memberikan semua accesories yang gue beli yang kalo ngomongin value itu udah hampir 500,000 sendiri.

Gue pikir… yaudalah buat apa juga aku keep accesoriesnya? Atau buat apa juga gue jual terpisah? Repot! Emang gak ada niatan cari cuan, bener-bener mau declutter secepatnya aja…

Gue pun melakukan riset dong berapa sih harga nih camera sekarang? Tahun lalu harganya 5,8 dan di pertengahan tahun ini udah turun ke…. 4,1 juta! ASTAGA! ASTAGA! Jadilah gue pikir ini dari user behaviour kan sadis-sadis ya, pasang dulu aja deh harga 3,9 juta, ditawar-tawar pasti jatoh ke 3,5 juta, oke lah di angka segitu mengingat harga barunya aja udah drop parah ya kan.

Kurang lebih ada 3 orang yang nawar di Carousell, tapi gue cuma akan menunjukkan 1 aja karena menurut gue ini orang entah lah gak riset, sadis, gak ngotak, or simply mau ngebego-begoin gue aja 🀯🀬

Emang sih bilangnya pake maaf, tapi still… gak sopan! How can ya orang dari harga 3,9 juta nawar ke 2,8?

(((2.8 gan. Kalo boleh saya langsung kesitu)))

Gue gak bales!!! Gue cuekin!!!

Gak butuh duit lo!!!

Lo boleh sini ke lokasi, tapi gausah beli nih camera, gue tampar!!! Gue edukasi masalah riset harga pasaran… Mau?!?!?!

Kalo gue lagi marah, ternyata otak mendadak jadi lebih encerπŸ˜‚ Mendadak gue punya ide buat coba upload di Tokopedia! Cuma kurang lebih 2-3 jam dari gue upload, udah ada yang nawar, dan sepakat di angka 3,5 juta. Nah, gini nih orang-orang dengan beradab, berbudaya, nawarnya masih normal dan begitu kita terima penawarannya, langsung di-check out! Love!

Kesimpulannya, buat kalian-kalian yang mau jualan barang elektronik second daripada makan hati di Carousell, mending langsung taro aja deh di Tokopedia. Secara traffic asalkan keyword “Merek” dan Category yang dipasang tepat, bakalan dibantu boost oleh Tokopedia, kok. Kekurangannya, memang untuk category elektronik biaya admin untuk seller lumayan besar. Tapi, buat gue gak jadi masalah since ngerasa terbantu karena barang pun laku dengan cepat.

Selain nawarnya pada sadis-sadis, orang-orang di Carousell ini kadang nawarnya juga pake alasan-alasan jual derita. Alih-alih gue kasihan, malahan pas gue baca langsung ilfeel & mikir…

Lo bilang lo gak punya duit… then ngapain mau belanja?!?!

Lo bilang lo gak punya duit… ngapain install Carousell?!?!

Lo bilang lo gak punya duit… simpen aja deh duitnya buat makan!

Jual derita “Saya gak punya sepatu lagi…” tapi gak masuk akal di part udah gak punya sepatu, maunya pake Clarks buat kerja. Gue paling ilfeel sama orang-orang kaya gini, nih. Ngibul-ngibul jual derita demi hal receh yaitu beli sepatu second. Bener-bener gak habis pikir!

Yaolo, gue aja yang punya nih sepatu sehari-hari gak pake Clarks ke kantor. Bukan karena disayang-sayang sih tapi… emang enak kerja pake Clarks? Hahahaha. Mentok 3 jam doang deh, emang cuma sepatu buat kondangan.

Apakah sudah selesai drama tawar-menawar ini? Tentu tidak! 🀯🀣

Jaket yang gue mau jual ini harga normalnya kalo dirupiahin 3 juta. Lumayan pricey karena collaboration Nike sama Travis Scott. Tapi, karena jaket ini hadiah dari kantor alias Rp0 yaudah gue niatannya mau jual di bawah harga pasaran. Pasang harga 1,8 juta gak ada yang lirik, yaudah gue putuskan untuk turunin deh ke 1,2 juta aja. Lagi-lagi ada orang sinting yang nawar bahkan sampai 50%.

Gue ceplosin aja “Bukan barang KW”, gue kira dia akan geter or jadi sungkan sendiri, eh malah deseu makin semakin semangat nawar! Sakit! Hahahahahaha. Kalo orang-orang begini dapet barang sesuai harga yang ditawar, sesenang apa sih? Rasanya kaya orgasme ya kalo puas bisa nawar sampe mentok?!?!?!?! 🀯😀

Nah… ada lagi nih spesies manusia sakit jiwa di Carousell, udah nawar, ngatur, ngomongnya gak sopan lagi. Bener-bener ya rasanya pengen tereak kalo tuh orang depan muka…

“Yaolo… no wonder kemampuan lo masih sebatas beli barang second di carousell, bener-bener gak ada adabnya. Lo mau beli sepatu second aja belagu. Gausah ngatur-ngatur gue pake ngomong pasang harganya jangan segitu, SUKA-SUKA GUE. Mau gue pasang harga ini kaya harga pas awal beli juga kaga ada yang larang. Carousell gak larang! Siapa ngana?!?!” Plak, plak, plak!

Tentu aja itu cuma dalam batin gue, biar gak berkutik gue cuma bales kalo harganya itu sudah nett. Even dia mau bayarin, pasti gue gak akan balas! Tapi, tentu sesuai prediksi, sehabis itu dia sudah gak balas lagi. Ya emang bukan cuma duit aja yang kurang tapi mental sama attitude juga πŸ™„πŸ™„πŸ™„

Belom beli aja udah bikin gue emosi. Apalagi sampe beli, berasa kali dia nyelametin hidup gue. Yaolo… yaolo….

Udah deh lu yang baca jangan deh ya nawar-nawar sadis gitu di Carousell. Kalo emang belom bisa afford, yaudah sabar aja. Buat yang lagi jualan barangnya di Carousell, kalo ada orang yang gak sopan, jangan bales!!! Cuekin aja!!!

Mau nutup tulisan ini dengan kalimat “Kalo kalian pengalamannya gimana pas lagi jualan di Carousell?” Tapi, sadar diri aja kalo ini blog udah gak ada yang baca. Hahahahaha. Yaudah, daripada makin gak ada juntringan, gue putuskan penutupnya buat insert link Carousell eike. Siapa tau ada yang cocok barangnya sama kalian, jangan sadis-sadis ya nawarnya! Hihihi.

Mon

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑