Budak Korporat Minumnya Pasti Starbucks…

Gak tau ya judul di atas mewakilkan seluruh budak korporat apa enggak, tapi paling enggak itu lah yang terjadi sama gue. Hahaha. Dulu… pas zaman awal-awal karir di advertising agency, di lobby kantor ada Starbucks dan salah satu senior strategist kalo masuk kantor pasti deh dia genggam cup Starbucks. Pikir gue saat itu… gila dia tiap hari pagi-pagi beli Starbucks, gak kenal tuh tanggal muda kek, tanggal tua kek. Anggep aja segelasnya 50 ribu, dikali 20 hari udah 1 juta sendiri hanya untuk kopi!

Dulu bingung, sekarang gw jadi pelaku juga. Hahahaha.

Kalo banyak orang bilang, beli Starbucks buat gaya aja, gue kok ngerasa ini masih jauh dari gaya ya? I mean… kalo mau gaya, ya nguapaen ngopinya di coffee chain kaya Starbucks? Mending gue ngopi di tempat-tempat ngopi kaya KLTR yang bahkan ownernya aja males update Instagramnya. Tapi, tetep aja tuh tempat rame padahal dibilang murah juga nggak samsek. Hahahaha.

Setelah menjadi pelanggan tetap, gue akhirnya tahu kenapa banyak orang yang akhirnya jadi loyal customer Starbucks bukan coffee chain kompetitornya yang jelas-jelas dari segi harga jauh lebih murah. Oke…gue akan kasih tahu beberapa ya alasan-alasannya, tenang aja langsung gue jabarin di sini kok, bukan kaya influencer-influencer yang CTA nya cross channel. Hahahahaha.

Starbucks Pelayanannya Ramah

Kalo buat masalah service ke customer, Starbucks ini juara deh. Seperti yang kita tahu ya… Starbucks kan sering banget kerja sama bareng Bank, Provider, dll dan sering kasih discount gila-gilaan bahkan sampe up to 50% or BOGO (Buy One Get One). Udah ketebak dong traffic melonjak pol? Udah gak heran dong kalo antrian pasti memanjang? Selain karena traffic yang emang naik, perlu diinget mau secepat apapun baristanya tetep aja pas proses pembelian rely on sama mesin mereka yang kadang-kadang ada aja kan leletnya. Pernah ya gue… pas mau mesen, ibu-ibu di sebelah gue kaya ngeluh terus pake ditambahin nada tinggi gitu “Mas! Kok lama banget sih hari ini ngantrinya?!?!?!”

Dalem hati gue…

Situ mau murah diskonan… tapi cepat?

Situ ratu?

Situ yang punya MAP jadi semuanya buat Anda mesti cepat?

Kalo customer lagi dikit tapi ngantrinya lama boleh lah ya complain (walaupun gak setuju juga sih kalo pake nada tinggi! Secara di Starbucks gak ada service charge), lah ini kan emang antriannya memanjang? Situ buta yaaa?

Di saat gue sebagai sesama customer aja udah emosi gila denger ocehan macem gitu. Lo tau tuh barista starbucks responnya gimana?

“Iya kak… Mohon maaf ya. Hari ini lagi mau minum coffee apa nih, kak?” SAMBIL TETEP SENYUM 3 JARI MAJALAH ANEKA YESS. Gokil gak, sih? 👏👏👏

Handle customer yang selalu senyum, ramah, gak pernah marah kaya gue (Hahahaha!) mah gampang. Asal inget pesenan kita dan servenya sesuai aja pasti udah puas. Pasti bakal balik-balik lagi. Challengenya buat handle customer-customer ngehe yang berasa entitled banget kaya ibu-ibu yang gue ceritain di atas itu, padahal ya teteup… modal diskon pas beli kopi. 😏

Lokasinya Tersebar di Seluruh Indonesia

Walaupun ojek online udah di mana-mana, gue type orang yang kalo mau ngopi ya lebih memilih untuk langsung datang ke lokasinya. Selain, emang karena gue lebih suka minum kopi sesaat setelah dibuat, alasan gue pengen ngopi ya gak jauh-jauh dari…

… mesti buka laptop. Entah itu mesti check email, udah ada janjian meeting online, ataupun lagi kepengen kerja di coffee shop. So far, koneksi internet di Starbucks selalu bisa diandalkan.

… janjian ketemuan sama orang tapi posisinya lagi gak di jam-jam lunch/dinner. Ya udah paling bener di Starbucks terdekat.

… nunggu check in hotel pas lagi travelling. Posisinya, gw sudah taro koper di hotel, butuh tempat istirahat yang secure enough buat tidur-tidur ayam sambil duduk. Di mana lagi kalo bukan di Starbucks? Bahkan, di starbucks dekat rumah gue orang-orang tuh berani loh ke toilet terus ninggalin laptopnya gitu aja. Hahahaha.

So far.. selama ini ketika gue searching “Starbucks Near Me” di Google maps selalu ada banyak pilihan lokasi yang bisa gue kunjungi. Jadi… udah nggak pake pusing deh kalo butuh ngopi. Udah nggak pake mikir mesti di mana ya? Kantor gue yang sekarang pun udah sempet berganti building, tapi ya saking Starbucks di mana-mana juga ada, udah pindah lokasi pun tetep gue bisa menemukannya di lobby. LOVE!

Benefit Starbucks Card

Dulu gue salah satu orang yang gak memanfaatkan secara maksimal Starbucks Card, begitu tau benefitnya banyak, langsung lah gw pokoknya apa-apa transaksi maunya pake Starbucks Card. Saking banyaknya, gue bakal nyebutin beberapa aja lah ya di sini.

Birthday treats: Jadi… pas kalian birthday bakal dapet voucher di Starbucks Card buat tukerin 1 slice cake. Bebas kalian mau pilih cake yang mana dan biasanya muncul pas hari H kalian birthday dengan masa berlaku selama 30 hari. Jadi deh… kemarin pas gue lagi di kantor turun ke lobby cuma buat take away cake. Hahahaha.

Tumbler day: Siapa sih yang nggak suka diskon sampe 50%? Nah… kalian kalo type yang mau ngopi nunggu diskonan, mulai sekarang udah beli aja Starbucks Tumbler terus ke Starbucks tiap hari KAMIS. Orang suka bilang… Starbucks Tumbler kan mahal amit-amit?!?! Yaudah… kaya gue aja beli Starbucks Tumbler basic yang lumayan murah, cuma 275 ribu. Dijamin bisa balik modal cepet karena ya anggep aja diskonan yang didapet itu buat “ngebayar” modal awal kalian pas beli tumblernya! Yaolooo… so padang mindset. Perlu gue bikinin rincian hitungan kapan bakal BEP dari pembelian starbucksnya juga di sini?! Hahahaha.

Buy 1 Beverage + 1 Food Gratis 1 Beverage: Mau dating hemat binti frugal? Nah… bisa nih di Starbucks pas weekend. Hahahaha. Cuma beli 1 minuman + 1 makanan (min. harga 30 ribu) kalian udah bisa dapat gratisan 1 minuman tall. Lumayan banget kan?

Starbucks Point: Transaksi pakai Starbucks Card bakal dapet 1 stars setiap kelipatan Rp5,000. Nah, starsnya ini dikumpulin, bisa ditukerin macem-macem mulai dari beans, coffee, food, sampe discount buat beli Tumbler. Kalo gue pribadi biasanya redeem buat beli kopi lagi. Jadi… tanggal tua bisa tuh ngopi Rp0 karena modal redeem dari sini.

Oiya, point ini juga bisa x2 kalo lagi ada Monday Double Stars or Golden Wednesday. Nah, yang ini sering-sering check email aja. Kemarin, one of my friend traktir beliin Tumbler karena kasihan setelah mendengar curhatan starbucks tumbler gue rusak udah mulai rembes (Hahahaha), pas banget kita lagi ngantor hari Rabu. Jadi lah… beli tumbler pilih pembayarannya pakai Starbucks Card, yang mana harusnya cuma dapet 95 stars tapi karena lagi Golden Wednesday, jadi dapet 190 stars. Nambahin dari stars existing di card gue, inget banget jadi bisa 3x minum gratis Starbucks modal redeem point 👏🤙

Promo New Starbucks Opening Store: Nah, ini biasanya system Starbucks baca dari geo location, deh. Lagi.. lagi.. mesti sering-sering lihat email or simply check rewards section di apps Starbucks. Buat new opening store, Starbucks biasanya kasih voucher BOGO (Buy One get One). Gue sendiri sudah beberapa kali dapat tapi ujung-ujungnya gak kepake, soalnya udah males gonta ganti Starbucks. Duh… Taurus emang yang kaya gini-gini gak bisa tuh mendadak berubah haluan even ada BOGO, hahahaha.

Bahkan, pernah dapet voucher BOGO Starbucks di New Store nya yang di Palembang gara-gara 3 bulan terakhir sebelum dapet nih voucher ada biztrip ke Palembang.

Jadi… sekarang ngerti kan kenapa kebanyakan orang kantoran selalu ngopi di Starbucks? Bukan gaya. Bukan buat bahan Instagram Story. Simple, karena udah gak pake mikir aja, antara baristanya udah hafal sama pesenan kita sehari-hari atau ya tinggal tanya aja rekomendasi mereka, mereka akan dengan sangat senang merekomendasikan coffee/non coffee beverage sesuai selera kita.

Mon

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑