Bandung Untuk Ke Sekian Kali

Pergi ke Bandung gak pernah ngebosenin padahal mah di tahun 2022 kemarin aja tiap dua bulan sekali gue ke Bandung. Ada yang emang pure perjalanan pribadi tapi ada juga yang sebenernya business trip lalu gue extend 1 hari untuk jalan-jalan. Selalu ada hal baru yang gue temukan untuk dicoba. Gak pernah bosan dan malah selalu menunggu-menunggu kesempatan untuk berkunjung ke Bandung lagi.

Si R pas lihat IG Story gue yang lagi di Bandung aja bales “Kalo gue gak ada kerjaan di Sabtu-Minggu, udah fix gue nyusul, lo!” yang gue balas dengan “Entar aja, pas gue birthday kita ke Bandung! Leyeh-leyeh bego di cafe sambil ngopi” Hahahahaha. Taurus. Birthdaynya masih 2 bulan lagi udah nge-plan dan berharap R bisa walaupun gue tau semenjak industri penerbangan kembali aktif lagi, jadwalnya udah sibuk lagi kaya tahun-tahun sebelum Covid-19.

Di Bandung banyak juga memory terjadi.

Gue inget pertama kali ke Bandung pake uang sendiri itu bukan pas udah kerja, tapi pas lagi masa internship! Gara-garanya kantor tempat gue intern ngadain outing tapi ya tentu aja cuma buat karyawan-karyawannya & kantor libur. Duh… emang anak agency tuh ya kere-kere juga tapi sebenernya jiwanya kiasu alias gak mau kalah, kita as intern bikin juga trip. Sama-sama ke Kota B. Mereka ke Bali, kita ke Bandung. Hahahahaha. Walaupun, trip ini banyak dramanya tapi kalo diinget-inget lagi sekarang ya ada lah manis-manisnya. Lol

Pas masuk kantor yang sekarang juga, gue sempet gak cuti sama sekali selama 6 bulan di tahun 2021. Zero. Gak pernah izin. Bukan karena gak ada jatahnya tapi lebih ke saat itu bener-bener to do list gue kaya to do list 2 roles. Begitu projectnya udah pada kelar, langsung request cuti 2 hari. Mau ke mana lagi yang gak pake mikir? Ya… ke Bandung! Hahahaha.

Bandung tuh menurut gue sangat amat mudah disukai karena…

… jaraknya deket dari Jakarta.

… mau naik kereta atau travel, bisa. Bebas, sesuai-in aja sama mood kalian.

… mau one day trip or seminggu bahkan sebulan di sini kayanya gak akan bosen.

… banyak coffee shop enak yang bisa dicobain & beneran enak, bukan cuma ngandelin tempatnya instagram-able.

… udaranya tuh sueger, jadi jalan kaki pagi-pagi cari sarapan pun enak.

… gue udah menemukan hotel bintang 2 tapi super bersih & baru yang kalo lagi low season cuma 200 ribuan sehari. Sayangnya, lebih banyak gak dapetnya di situ, hahaha.

Di Bandung pun gue bisa bilang lengkap ya secara activity gak cuma kulineran aja. Gue pun pernah kesambet setan pas di sini mikir “Kayanya enak nih cuaca adem gini, sambil lihat karya seni pokoknya yang nyeni & kalcer lah” Pergi lah gue langsung ke Nu Art Scupture Park, hahahaha.

Ada kalanya “Aduh pengen bengong bego sambil mimik negroni”, langsung searching speakeasy baru, ketemu lah Klas Tap Bar, yang mana sehabis gue ke situ, besok malemnya HOTMAN PARIS ke situ juga bok. #penting Hahahahaha. Gak tau appearance gue terlalu aneh atau activity gue di sana yang aneh karena mimik sambil baca buku, pas gue ke sana untuk ke-2 kali dan seterusnya bartendernya udah pada ngenalin 🤣🤣

Sebelum pulang di biztrip pagi ini, gue mencari coffee shop baru untuk gue coba dan ternyata ketemulah satu coffee shop bernama Two Cents Coffee. Tipikal coffee shop Bandung suka nyempil-nyempil tapi rasa sih.. gokil! Sesuai lah sama selera gue. Jadi.. pagi-pagi itu gue jalan kaki dari guest house tempat gue nginep kurang lebih 1 km gak sia-sia or end up bete (hahahaha #penting). Biasanya kan coffee shop yang rasa kopinya gak bercanda alias enak tuh cuma nyediain pastry ya, nah di Two Cents Coffee ini pun nyediain makanan berat. Lumayan nemu cafe buat wfc kalo lagi biztrip ke Bandung. Sayangnya… kemarin gue posisinya udah sempat sarapan si Kupat Tahu kebanggaan warga Gempol, jadinya pas di sana cuma pesen hot latte & pisang goreng cokelat.

Biasanya ke Bandung gue cuma bawa tas ransel sama totebag masing-masing satu, tapi kemarin mendadak centil mikir bawa koper aja ahhh biar bisa bawa opsi banyak baju. Hashtag Centil is me, beb. Hahahaha. Sekalian juga biar bisa bawain R bagelen kesukaan dia itu tanpa mesti gue kerepotan megang gembolan plastik. #alesan

Di biztrip kali ini, gue mencari restoran atau warung Sunda yang recommended dan thanks to dedek-dedek gemes Gen Z (Hahahaha!) berkat mereka lewat konten Tiktoknya gue berhasil menemukan Dapoer Pandan Wangi. Di konten-konten semua menampilkan kalo restonya tuh ngantri-ngantri, makanya gue memutuskan untuk datang jauh lebih awal, kurang lebih jam setengah 11 pagi. Pas gue dateng, memang sudah lumayan rame bahkan melihat bapak-bapak serombongan pakai batik ala pemerintahan. Tapi, kemarin buat waktu nunggu makanan keluar terbilang aman, kurang dari 30 menit udah keluar semua pesenan makanan gue.

Pokoknya kalo ke sana mesti banget cobain yang namanya TERONG RAOS. FYI, aslinya gue bukan penggemar terong karena menurut gue tekstur terong tuh kebanyakan cenderung lemes/leyot. Sedangkan, gue sukanya tekstur crispy. NAH… turns out si terong raos ini teksturnya crispy!!! Rasa sih gausah ditanya yaaa, asem manis gitu, ini tuh menurut gue level digadoin pun tanpa nasi pun enak-enak aja. Oiya, buat harga juga menurut gue tergolong murah lagi buat seukuran resto yang udah pernah dikunjungin Jokowi.

Ke Bandung gak afdol kalo gak setor muka makan ronde di Gardujati, setuju kan?

Pas lagi menyelesaikan tulisan ini, gue sudah ada jadwal business trip lagi ke Bandung. Hahahaha. Semoga bisa menemukan hal yang menarik lagi, buat bahan tulisan Bandung selanjutnya, deh. 😜

Mon

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑