Akhir Tahun 2020 – Keyboard Baru

Gara-gara liat temen kantor gue pake wireless keyboard mechanical – GUE JADI NGILER!!! Eargasm aja gitu denger suara ketikan dari keycapsnya. Gak penting bukan? Padahal gue bukan gamers apalagi anak IT tapi ya pengen aja. Taurus kalo udah kepengen ya harus kesampean.. kalo belom punya artinya ya… tetep gue pikirin, tetep gue kejer, tetep visit landing pagenya sampe bisa check out. Hahahahaha 😆 😆

Source

Setelah nyari-nyari by googling atau masukin keyword di ecommerce favorite gue yang warna hijau itu, paling banyak yang rekomendasiin dan beli merek Keychron. Awal lihat gue agak jiper.. Anjrit!!! Keyboard doang satu juta?!?!?! Namanya juga rakyat jelata ya kak hahahah. Padahal, temen kantor gue bilang dia beli keyboardnya Cuma habis sekitar 500 ribuan (emang sih beda mereknya). Ini lah ini lah… budget terbatas tapi seleranya high class *nyekek-diri-sendiri*

Pas buka Youtube banyak sih yang murce tapi gak wireless – sedangkan kadang gue ngerasa ribet dengan kabel-kabel itu. Buat keyboard mechanical yang wireless harganya emang beda-beda tipis, ada yang merek lokal macem Rexus gitu tapi mostly emang pada review keyboard Keychron ini.

Pe-er selanjutnya… pas gue lihat official store keyboard ini.. gue bingung sendiri!!!!! Apaan nih Keychron K2, Keychron K4, Keychron 6, dan Keychron K8? Namanya juga cewek dan kemakan branding Apple selama ini kalo angkanya makin gede ya berarti itu versi terbarunya. Tapi, pas gue comparison harga kok mirip-mirip sih harganya? Kalopun ada beda gak lebih dari 200 ribu. Ini masih kebingungan pertama gaes. Ternyata.. setiap angka itu bukan menandakan edisi lama/edisi baru tapi lebih ke layout si keyboard itu sendiri. Buat K2 yang gue pilih ini, layoutnya 75% alias gak ada number padnya. Ada juga yang cuma 65% alias gak ada tombol F1-12 dan macem Keychron itu tenkeyless alias secara size juga lebih gede.

Kebingungan kedua gue adalah kok ini nama keyboardnya beda-beda ada red switch lah, blue switch lah, apa pula ini brown switch? Liat thread diskusi makin bingung.. orang-orang kenapa pada nanya “Ini hotswap gak ya?” APAAN LAGI TUH HOTSWAP?!?!  Ternyata setelah gue googling, setiap keyboard mechanical khususnya keychron yang pake Gateron Switch tuh punya tipe-tipe “suara” pas kita pencet keycaps tersendiri. Waktu gue coba lihat review di Youtube, gue merasa lebih suka dengan suara yang dikeluarkan “brown switch” soalnya kalo dibandingkan sama yang lain apalagi blue switch, suara yang dikeluarkan si brown switch ini gak genggeus or too click clack lah kaya type yang lain dan emang kalo research review orang-orang di internet si brown switch ini cocok buat ngantoran sedangkan si blue switch lebih popular buat gaming/programming.

Nah… si hotswap yang tadi sempet gue mention itu kalo di Keychron sendiri baru hadir di versi K6/K8 dan yang buat belom tahu kegunaannya buat apa, kalo buat kamu yang bosenan mungkin bisa nih ganti switch keyboard tanpa perlu soldar solder. Gue sendiri, gak milih type K6/K8 karena mikir kayanya gue nggak akan tertarik juga dalam waktu dekat buat ganti switchnya pun dari segi layout kayanya paling mantep Keychron K2.

Pas barangnya dateng dan gue coba emang deh ya beda banget deh, ini keyboard mau dipencet rada kenceng juga gak bikin jari lo sakit. Gak kaya keyboard seratus ribuan. *norak-maksimal* HAHAHA. Terus ya suaranya itu loh… bikin confident level makin naik walopun kita mah pake keyboard buat apa sih? Paling banter ya buat neror-neror gemes vendor kita aja kan di Senin pagi abis weekly, macem “Gimana? Udah bisa preview belom hari ini? Invite gdocsnya ke email ya” hahahahah 😆 😆 😆

Source

Sama seperti barang-barang lainnya yang pas gue beli rada mikir (karena walopun mampu tetap berasa mahal), gue pasti cari motivasi yang sebenernya justifikasi sih, HAHAHAHA. Ya kaya keyboard ini… pas click pembayaran, gue bergumam dalam hati “Harus lebih semangat yaaaa pas kerja!!!!”, “Harus lebih creative, ya!”, “Ayo dong rajin ngeblog lagi, gak apa-apa kok kalo ada orang yang lo kenal baca nih blog”. We’ll see ya.. 😛

Kalo di tahun sebelum-sebelumnya, banyakan barang-barang yang gue beli buat menunjang gue saat bersosialisasi (re: fashion), sekarang udah gak gitu lagi buat secara gue mikirnya “Mau meeting sama siapa?” atau “Dinas keluar kota gak akan ada kok secara corona masih ada”. Jadilah… hasrat-hasrat duniawi gue di tahun ini beralih buat barang-barang yang menunjang pekerjaan gue kaya beli wireless speaker, wireless headphone, sampe nih wireless keyboard. Namanya juga manusia ya, gak ada puasnya… pas liat keyboard udah mantep tapi mousenya masih gembel ngebatin lagi “Harus ngepet di mana lagi nih yaolo biar bisa beli mouse bagusan?” HAHAHAHAHAHA. Gue kalo bisa liat Tuhan kayanya sih Tuhan udah melotot ya ke gue.

Udah ah, segini aja dulu ceritanya. Doain aja abis ini postingan masih ada semangatnya buat nulis di sini lagi. Hehehehe.

Monica Krisna

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑