Kisah Seorang Pedagang Darah [Chronicle of A Blood Merchant] – Yu Hua

Gara-gara kemarin sempet ngobrol sama salah satu dosen gue, gue jadi inget….. EH GUE PUNYA BLOG INI LOH! Hahahahaha. Seriously, gara-gara sekarang udah kerja (ALHAMDUUUUULILAH) gue udah melupakan beberapa hal yang pernah gue sukai, salah satunya ya menulis blog ini.

Jujur aja, semenjak udah kerja gue selalu mencari kegiatan-kegiatan yang setidaknya bisa membuat hidup gue lebih bermakna lah. #tsaaah HAHAHAHA. Nah, kemarin ini sempet…. abis makan di mall sehabis pulang kantor, gue melewati Gramedia terus gue kaya tiba-tiba mikir aja gitu “Cari buku ah…. Gue udah lama banget nggak baca novel! Padahal dulu ya bisa dibilang hobby banget”. Singkat cerita, gue akhirnya memutuskan membeli dua novel, salah satunya itu novel berjudul “Kisah Seorang Pedagang Darah” (Chronicle of A Blood Merchant) yang dikarang Yu Hua dan diterjemahkan oleh Agustinus Wibowo.

Novel ini berceritakan Xu Sanguan yang berjuang untuk menghidupi istrinya (Xu Yulan) dan tiga anaknya ( Xu Yi Le, Xu Er Le, Xu San Le). Xu Sanguan sendiri mulai berjualan darah pas diajak sama temen-temennya karena tergiur oleh uang jual darah yang bahkan lebih banyak daripada uang hasil kerja selama satu tahun. Setelah untuk pertama kalinya dia jual darah, dia baru mikirin….

NIH DUIT BUAH APAAAAAAAA YAAAAAAA????????

Beda ye sama cewe, kalo cewe mah belom dapet duitnya aja udah mikir duluan tuh duit buat apaan nantinya *tunjuk-diri-sendiri* πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

giphy

Terus dia akhirnya memutuskan “Udahlah…. nih duit buat gue nikah aja!” dari sekian wanita di kampungnya akhirnya dia melamar Xu Yulan dan udah dikaruniai tiga anak (Yi Le, Er Le, dan San Le). Tapi apalah daya….. HIDUP TIDAK SEINDAH INSTAGRAM STORY RACHEL VENNYA! Semakin besar Xu Yi Le (Anak Pertama), semakin orang-orang menyadari kalo muka Yi Le lebih mirip He Xiaoyong. He Xiaoyong ini mantannya Xu Yulan dan setelah Xu Sanguan interogasi habis-habisan akhirnya bininya ngaku kalo dulu sebelum mereka menikah He Xiaoyong pernah memperkaos dese. ALAMAKK!!!!!

Kebayang gak Xu Sanguan bitternya gimana? Sejak saat itu yang dari tadinya dia saling bahu membahu mau bantu istrinya di pekerjaan rumah tangga jadi menolak habis-habisan. Tiap kali istrinya minta bantuan, dia cuma bilang kurang lebih kaya “Aku mau leha ongkang angkang kaki aja. Sudah sekian tahun kerja keras untuk menghidupi anak, tapi ternyata aku menghidupi anak orang lain! Semua tetangga sudah membicarakanku Xu Sanguan si Pecundang!” Tapi, di balik ke bitter an Xu Sanguan, dia masih bertanggung jawab menghidupi istri dan Xu Yi Le sekalipun dia udah tau itu bukan anak kandungnya.

ZODIAKNYA APA SIK INI XU SANGUAN?!?!?! PASTI TAURUS DEH! Udah dikhianatin habis-habisan tetep aja masih loyal. πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Yang bikin nyesssss hati ini sih pas novel ini menceritakan Xu Yi Le sakit keras yang mana harus dibawa ke kota karena rumah sakit di kampung mereka udah gak bisa tanganin dan itu butuh uang yang banyak. Xu Sanguan kasih semua uangnya ke Xu Yulan dan nyuruh dese berangkat duluan anterin Xu Yi Le ke rumah sakit yang ada di kota. Sementara itu, Xu Sanguan berusaha mencari uang tambahan dengan jual darah. Gilanya adalah….. jual darah itu sebenarnya hanya boleh dilakukan 3 bulan sekali tetapi kali ini Xu Sanguan memutuskan untuk menjual darah sebanyak mungkin dia bisa sekalipun dia tau itu bisa bikin dese koit alias meninggal.

GILA GAKKKKK? ITU TUH PENGORBANAN ORANG TUA!!!! Di balik kalimat dan perilaku dia yang kadang bitter banget sama Xu Yi Le, dia tetep menganggap Xu Yi Le anak kandungnya terbukti sama pengorbanan dese. #krayyyyy. Novel ini sangat gue rekomendasikan sih untuk dibaca karena bener-bener berhasil mengaduk-aduk emosi pembaca. Peran-perannya dibangun dengan karakter yang “manusiawi” yang mana kalo dikhianatin ya marah! Kalo dihina ya bales hina! Kalo dintonjok ya bales cekek lah! Jadi tuh….. relate gitu loh!!! Kebanyakan novel kan halu ya bok masa udah dikhianatin tetep bersikap baik cinta buta. #terbawaemosi Hahahaha.

Monica Krisna

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑